Kamis, 14 September 2023

Konten Web Kreatif


Review Website Gojek

                                          


PT. Gojek Indonesia merupakan perusahaan swasta yang menyediakan  jasa berbasis teknologi yang bermitra dengan pengendara ojek di berbagai kota di Indonesia. Gojek merupakan perusahaan rintisan (startup) karya anak bangsa. Terlihat jelas di tampilan awal website bahwa Gojek yang dapat diakses pada https://www.gojek.com/blog/ sudah beoperasi di 3 negara dengan 20 lebih layanan. Fakta menarik mengenai gojek yaitu menjadi satu-satunya perusahaan di Asia Tenggara yang dua kali berada di daftar perusahaan pengubah dunia versi majalah Fortune. Mengapa disebut sebagai pengubah dunia? Karena Gojek berkontribusi lebih dari $7.1 triliun untuk menggerakkan roda perekonomian Indonesia, Gojek juga mengurangi pemakaian plastic hingga 11.3 ton sejak Oktober 2020, dan juga membantu menaikkan omset UMKM hungga 80% sejak pandemi.

Konsep Website

Jika dilihat dari keseluruhan, website Gojek sangat menarik bukan hanya dari sisi tampilannya saja, tetapi juga secara menyeluruh ketika melihat isi di dalamnya. Dari informasi yang disajikan pada homepagenya, terlihat bahwa website Gojek menggunakan pendekatan komunikasi yang mengarah pada marketing communication. Tampilan informasi yang disajikan lebih menonjolkan kepada informasi jasa dan pelayanan yang disediakan oleh Gojek. Selain itu, website Gojek Indonesia menggunakan bilingual yang tersedia dalam dua bahas yakni bahasa Indonesia dan Inggris. Website ini memiliki penampilan yang dinamis dan sangat interaktif, ditunjukkan dengan adanya beberapa fiture yang cukup menarik.

 

Design Website

Dari sisi design, tampilan awal beranda didominasi dengan warna gelap yang membuat tulisan dan konten di dalamnya semakin menonjol, menggunakan 3D animation, serta menyuguhi corporate video sebagai background dari beranda yang menarik untuk dikunjungi. Dari sisi warna pun sudah pas dalam pemilihannya sesuai dengan corporate identity Gojek Indonesia. Website Gojek menggunakan beberapa warna, yaitu :

Ø  Putih : untuk background dan font

Ø  Hitam : untuk widget sebelum footer dan juga font

Ø  Biru, Orange, dan Hijau : digunakan pada icon-icon

 

Meski menyajikan informasi yang padat, namun Gojek membuat websitenya menjadi ringkas dengan penggunaan copywriting yang komunikatif dan user friendly sehingga mudah diakses dan dipahami pengunjung. Dalam memilih font juga memperhatikan keselarasan dalam websitenya. Tak hanya itu, foto dokumentasi dalam di dalam maupun di luar kantor gojek juga ditampilkan pada website yang sesuai dengan konten informasi dan memperkuat tampilan website secara keseluruhan. Selanjutnya ditampilkan video yang bikin karyawan semangat dan betah bekerja di gojek. Seperti Fatema yaitu product designer yang ingin melihat desainnya mengubah dunia dan gojek membuatnya selangkah lebih dekat.



 Isi Website

Secara umum, sitemap menunjukkan bahwa logo Gojek yang berada di sebelah kiri header diiringi dengan menu-menu yang berisi informasi tertentu yaitu beranda, mitra, karir, perusahaan, produk dan blog. Terlihat perkembangan Gojek dari tahun 2010 hingga sekarang dimana Gojek menjadi perusahaan unicorn pertama di Indonesia, peringkat 17 di antara 20 perusahaan yang mengubah dunia versi Fortune menjadi salah satu pertumbuhan tercepat di dunia, menyatukan aplikasi Gojek di Indonesia, Singapura, Thailand, dan Vietnam. GoFood menjadi aplikasi paling berguna dan ramah pengguna di dunia selama pandemic, hingga saat ini Gojek dan Tokopedia bergabung menjadi GoTo, perusahaan teknologi terbesar di Indonesia dan menjadi ekosistem "go to" buat semua kebutuhan sehari-hari. Pesan komunikasi yang mungkin ingin disampaikan adalah Gojek Indonesia ingin membangun kesan pelayanan yang baik sehingga menjadi pengalaman yang mengesankan.



Dilihat dari bagian karir bahwa Gojek memiliki prinsip kerja seperti : Collaborate with compassion, criticism is a gift, be fast amd fearless stand up for what you believe in, earn your title, become a scientist, always be prepared, it’s not about you, communicate with purpose, shoot for greatness. Lalu di bagian perusahaan  terdapat 3 pilar utamanya yaitu kecepatan, inovasi dan dampak sosial. Penghargaan Gojek pun juga ditampilkan yaitu salah satu dari Top 10 Most Powerful Brands di Indonesia dalam penghargaan Brand Asia. Diukur dari tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), loyalitas brand, dan keterlibatan media. Gojek juga menulis “kami membangun layanan untuk membantumu melewati halangan”. Melalui berbagai fitur seperti transportasi & logistik, pembayaran, pesan makanan & belanja, hiburan serta bisnis.

Secara keseluruhan informasi yang disajikan dalam website tersebut disajikan dengan bahasa yang terstruktur dan tertata. Pendekatan komunikasi dari copywriting yang dipergunakan adalah bahasa yang persuasif, santun dan juga tidak bertele-tele. Bisa dikatakan bahwa pendekatan komunikasi yang dipergunakan adalah pendekatan marketing communication.




Konten Blog

Pada bagian blog terlihat bahwa Gojek Indonesia menyuguhkan berbagai informasi mengenai promo hingga diskon yang menarik minat pelanggan. Seperti mengumpulkan XP untuk mendapatkan harta karun dari Realfood, dapat potongan, diskon dari collab denganTokopedia, dapat tiket gratis XX1, lalu juga informasi mengenai promo GoFood X BTS. Gojek Indoneisa benar-benar detail dalam memperhatikan websitenya, dan kentara sekali bahwa websitenya dimaksimalkan untuk pelayanan dan penjualan (sales oriented).

0 komentar:

Posting Komentar