Selasa, 13 September 2022

Pentingnya Media Relations bagi seorang PR oleh Nurlaela Arief




Nurlaela Arief atau yang akrab dipanggil dengan nama Lala Arief merupakan Head of Corporate Communications Bio Farma dan juga pernah menjabat sebagai ketua pada BPC PERHUMAS Bandung.  Beliau juga lulusan dari dua perguruan tinggi negeri yang top di Indonesia, yaitu S1 HR Management di Universitas Padjadjaran (UNPAD) dan S2 Business Strategic di Institut Teknologi Bandung (ITB). Semua hal yang diperlukan untuk menjadi humas ada pada Lala Arief ini, seperti cepat tanggap, kreatif dan juga pekerja keras. Sepak terjangnya dalam bidang kehumasan sendiri tidak bisa dipandang sebelah mata, bukti nyatanya yaitu ketika beliau pernah dilantik sebagai ketua BPC Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia atau disingkat PERHUMAS cabang Bandung. 

Lala Arief juga aktif membagikan ilmu public relationsnya, baik di dunia nyata maupun dunia maya. Dalam konteks dunia maya, beliau aktif di beberapa platform social media seperti Instagram, Youtube, dan lainnya. Kali ini saya akan review sebuah konten dari kanal youtubenya yang bernama Lala Arief. Dalam kanal youtubenya yang berjudul “Media Relations for Business Student .. Why Important?”, beliau membagikan ilmunya atau sharing mengenai apa sih pentingnya media relations untuk business student. Dalam awal video, beliau memberikan beberapa pertanyaan umum untuk seorang pelajar seperti “When I graduate I want to be….”.  Selanjutnya beliau bertanya mengenai pertanyaan yang juga merupakan poin dari konten tersebut, yaitu Why MEDIA RELATION is important for your busiiness?. Dijelaskan bahwa semua orang bahkan investor untuk bisnis kita ingin mengetahui apa produk kita, bagaimana produk kita, dan mengapa mereka harus tertarik dengan produk kita atau suatu hal yang kita tawarkan. Dan semua hal mengenai produk kita bisa saja ditampilkan pada social media khusus promosi mengenai sesuatu yang kita tawarkan. Apa yang kita tampilkan pastilah berita bagus, hal yang bagus, dan juga menarik perhatian semua orang khususnya investor. Beliau juga menjelaskan mengenai apa yang harus kita perhatikan untuk promosi di social media tersebut yaitu pentingnya untuk mempromosikan sesuatu yang dapat menaikkan reputasi dan pengalaman kita. Dari social media tersebut para investor dan para calon pembeli  mendapatkan informasi yang lebih mengenai produk atau sesuatu yang kita tawarkan dan kita promosikan. Hal yang sebenarnya harus diketahui oleh para pebisnis yaitu, para investor dan para calon pembeli selalu ingin tahu cerita mengenai produk atau sesuatu yang kita tawarkan, mereka selalu penasaran akan hal itu. Dan semua hal tersebut tidak akan berjalan mudah jika media tidak ikut campur. Begitulah pentingya media relation dalam bisnis, semua hal yang bersangkutan dengan produk akan berkembang dengan adanya campur tangan dari media. 

Lala Arief dalam membagikan ilmunya di social media, selalu mengedepankan konteks kehumasan. Beliau menceritakan dalam LinkedInnya bahwa ia sangat menyukai Public Relations dan menjelaskan bahwa ia menemukan passionnya di bidang kehumasan. Ia juga mengerjakan sebuah tesis yang berjudul “Communication Strategy of The Importance of Vaccination Using Social Media & Public Relations”. Beliau menulis tesis tersebut berdasarkan sebuah studi kasus yang terjadi di perusahaan tempat ia bekerja yaitu Biofarma Indonesia. Akhir-akhir ini ia lebih memfokuskan diri pada bidang kehumasan dengan jangkauan lebih luas, yaitu internasional. Ia menjelaskan lebih lanjut bahwa ia ingin membangun relasi dalam skala global untuk dapat bekerja sama kedepannya. “Istiqomah” merupakan kunci dari semua hal yang ingin dijalankan, jelasnya dalam deskripsi tentang Lala Arief pada LinkedIn. 

0 komentar:

Posting Komentar